INTELEKTUALITAS

Standard

Mengikuti proses penjurian Investment Award 2008 dengan para juri yang tak diragukan lagi memiliki intelektualitas tinggi membawa saya mengawang-awang untuk menjadi bagian dari kaum intelektual, tapi fokusnya di bidang arkeologi dan budaya Indonesia (pastinya cuma jadi impian saya, lha wong yang namanya baca buku saya ndak suka kok).

 

Dua juri yang saya kagumi intelektualitasnya adalah Prof. Emil Salim dan Prof. Roy Sembel.

Emil Salim, salah satu menteri di masa orde baru ini benar-benar memiliki kecerdasan dan daya analisa luar biasa dalam setiap kesimpulan, pendapat dan argumentasi yang ia lontarkan. Ia salah satu ekonom masa Orde Baru yang dijuluki ”Berkeley Mafia” dan dikenal lurus serta bersih. Baginya ekonom harus berpikir, bekerja dan mengabdi dengan landasan hati nurani.

 

Roy Sembel, Direktur program MM keuangan Bina Nusantara ini tak diragukan lagi kecerdasannya yang dapat kita lihat dari artikel yang telah ia lahirkan dan dimuat di berbagai media seperti Bisnis Indonesia, Gatra, SWA, Kontan, Kompas, InfoBank dan banyak media lainnya, belum buku karangannya yang banyak kita temukan di berbagai toko buku. Beliau adalah salah satu tokoh yang memperjuangkan peningkatan kecerdasan bagi masyarakatnya, dengan cara mengajarkan kiat-kiat mengelola keuangan dan berinvestasi.

 

Selain mereka berdua, masih banyak tokoh Indonesia yang memiliki intelektualitas tinggi, pastinya mereka mampu membawa perubahan yang bermanfaat untuk kita semua……Hmmmhh…..kalo ngomongin intelektualitas, jadi teringat juga akan beberapa cendekia muslim dunia, coba saya share beberapa disini:

 

  1. Ibnu Sina, dokter terhebat yang meletakkan dasar-dasar ilmu kedokteran. Orang Eropa menjuluki Ibnu Sina dengan sebutan Medicorum Principal yang artinya ”Rajanya para dokter”. Bukunya  Al-Qanun Fi-Thib menjadi buku rujukan semua dokter di seluruh dunia selama berabad-abad.
  2. Ibnu Rusyd dan Ibnu Nafis, ahli di bidang peredaran darah.
  3. Ibnu Mundzir, ahli kedokteran hewan
  4. Abi Mahasin, ahli kedokteran mata.
  5. Banu Musa, insinyur muslim yang berhasil merancang 75 jenis mesin, diantaranya kincir angin dan kincir air.
  6. Taqiuddin, berhasil menciptakan pompa air sederhana.
  7. Al Jazari, mampu menciptakan mesin pengangkat air dan banyak ditiru oleh Insinyur Barat.
  8. Ibnu Haytsam, ilmuwan muslim yang meneliti teori optik yang manfaatnya sangat besar dalam penciptaan lensa, cermin dan kamera.
  9. Nashruddin At-Thusi, berjasa dalam pembangunan observatorium Maragha dan merupakan ahli astronomi pertama yang menghitung benda langit dengan angka-angka, bukan perkiraan belaka. (hmmm….nama Nashruddin mengingatkan saya saat diskusi dengan Ust. Iggi Achsien, beliau banyak menceritakan kisah Nashruddin untuk dijadikan contoh kasus dalam diskusi)
  10. Ibnu Chaldun, sering disevut raksasa intelektual paling terkemuka di dunia, dengan julukan sebagai Bapak Ilmu Ekonomi, karena banyak tulisannya yang jauh mendahului ekonom barat seperti Adam Smith, Keynes, ricardo maupun Malthus.

Masih banyak lagi intelektual muslim yang mendahului penemuan para intelektual barat dan hasil temuannya masih kita rasakan manfaatnya hingga sekarang, memang mengasah intelektualitas kita secara terus menerus sangatlah penting, otak yang dikaruniakan oleh Allah SWT kepada kita tidak memiliki keterbatasan dalam menampung segala ilmu, namun kembali pada ucapan Prof. Emil Salim bahwa semua hasil pemikiran kita tetap berlandaskan hati nurani. Karena akal pikiran dan hati nurani dikaruniakan oleh Allah SWT untuk saling melengkapi.

*) Hmmmm….kalau politikus muslim…….siapa ya yang terkenal???

3 thoughts on “INTELEKTUALITAS

  1. Politisi? Mahmud Ahmadinejad (Presiden Iran) boleh juga…
    Hidayat Nur Wahid untuk Indonesia..😆

    O ya, Mahmud Ahmadinejad, pernah denger kalau beliau sederhanaaa banget, mirip2 pak Anton Apriantono, boleh deh di ekspose, siapa tau bisa menginspirasi kita semua…..ada masukan lain gak yaaa?

  2. arif

    salam kenal dari wong ndeso sing ora tau ming kuto

    -tokoh intelektualitas banyak-tapi kenapa kurang diaplikasikan ya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s