Cake Kurma

Standard

Saat awal Ramadhan saya ikut dengan bune ke Tanah Abang untuk belanja kurma, persediaan selama satu bulan ke depan, terutama untuk bekal kakak saya dan suaminya yang seringkali harus berbuka puasa di jalan karena terjebak macet saat perjalanan pulang dari kantornya ke rumah. Ini adalah pengalaman pertama kami berbelanja kurma di Tanah Abang, tahun sebelumnya kami lebih sering membelinya di Supermarket, ternyata banyak sekali jenisnya….sampai bingung, akhirnya beli tiap jenis tapi dalam jumlah sedikit.

Ada satu jenis kurma yang luar biasa nikmat, yaitu Kurma Khidri, ukurannya besar dan dagingnya empuk, rasanya juga tidak terlalu manis, mirip dengan buah sawo. Harga perkilo lumayan mahal, tapi masih lebih mahal kurma agwa atau kurma Nabi (kata yang jual, dinamai kurma Nabi karena dulu Nabi yang tanam kurma ini di halaman rumahnya, Wallahualam ).

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi resep Cake Kurma yang saya dapat dari Tabloid Nova dengan kurma yang digunakan jenis Kurma Khidri.

Saya sudah mencoba resep ini saat berlibur ke rumah Bapake en Bune ti Bandung 2 hari setelah Idul Fitri 1429 H. Uenak…enak..enak….

Bahan:
250 gr kurma, potong-potong
75 gr kacang mede sangrai, cincang kasar
225 gr mentega

125 gr tepung gula
6 kuning telur
275 gr tepung terigu
25 gr tepung maizena
1 sdt baking powder
125 ml susu cair
5 putih telur
1 sdt cream of tar-tar
25 gr gula pasir
100 gr dark compound chocolate, lelehkan

Cara Membuat:
1. Kocok mentega dan tepung gula hingga lembut. Masukkan kuning telur satu per satu sambil terus dikocok hingga rata.
2. Tambahkan tepung terigu, baking powder, dan tepung maizena sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan susu cair, aduk rata.
3. Kocok putih telur dan cream of tar tar hingga setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sambil terus dikocok hingga mengembang. Sendokkan putih telur kocok ke dalam adonan sambil diaduk perlahan.
4. Tuang adonan ke dalam loyang tulban 20 cm yang sudah diolesi margarin. Kukus selama 45 menit, angkat. Setelah dingin, siram beberapa bagian permukaan kue dengan cokelat leleh.
Setelah beku, potong-potong lalu hidangkan.

Untuk 14 potong

2 thoughts on “Cake Kurma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s